Galeri KPH



     

8 November 2017, Patroli bersama Pamhut dan Polhut UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun serta Tim dari Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) Resort Air Hitam II dengan kegiatan penyusuran batas kawasan wilayah UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun dengan TNBD.
Senin, 2 April 2018 pada sekitar pukul 17.00 WIB, telah melakukan pengamanan 1 Unit Mobil PS dengan muatan kayu log tanpa dokumen resmi, 3 orang diduga pelaku illegal logging. Diduga kayu log tersebut berasal dari HP. Serengam Ilir, kemudian tersangka dan barang bukti diserahkan ke PPNS Dishut Jambi pada 22.30 WIB (hari dan tanggal sama). Kegiatan pengamanan hutan (penangkapan kayu tanpa dokumen) ini diawali dengan kegiatan Pulbaket selama 1 minggu (26 Maret 2018 sampai dengan 1 April 2018) oleh Seksi Perlindungan Hutan, KSDAE dan Pemberdayaan Masyarakat, Anggota Polhut, Brigdalkarhut KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun. Kegiatan pengamanan Hutan pada tanggal 2 April 2018 beranggotakan 8 orang yang dipimpin langsung oleh Kasi Perlindungan Hutan, KSDAE dan Pemberdayaan Masyarakat dengan anggota 3 orang Polhut, 2 orang staf seksi dan 2 orang Brigdalkarhut.
Monitoring dan evaluasi IUIPPKH yang ada di wilayah kerja UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun.
4 Oktober 2018, Koordinasi dengan IPPKH yang ada di Wilayah Kerja UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun. Membahas permasalahan yang sedang terjadi di wilayah kerja IPPKH, sinkronisasi data dan meningkatkan partisipasi IPPKH untuk turut menjaga wilayah kerjanya dari perusakan kawasan hutan.
4 Oktober 2018, kunjungan Komisi II DPRD Provinsi Jambi ke UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun untuk membahas perkembangan resolusi konflik tenurial antara PT. Samhutani dengan Masyarakat Desa Ladang Panjang, Sarolangun Kembang dan Gunung Kembang Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun.
Potensi buah mentega yang ada di wilayah kerja UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun.
KTH Hijau Lestari yang di ketuai oleh Pak Guntur dan beranggotakan 18 orang. KTH ini telah terbentuk sejak tahun 2016 dan diperkuat dengan surat keputusan Kepala Desa Guruh Baru No SK 05 Tahu 2016. Kegiatan pada kelompok ini adalah pembibitan bulian yang berada pada titik koordinat S 02.03744 dan E 103.08820. Kelompok ini telah berhasil mengidentifikasi 72 pohon bulian yang dijadikan tanaman induk untuk pembibitannya. Pohon induk tersebut tersebar di kawasan hutan HP Sungai Air Mato yang merupakan wilayah kerja UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun.
Kelompok Teknoservasi merupakan kelompok yang bergerak dibidang kerajinan tempurung kelapa dan terdapat 5 orang anggota. Selanjutnya Tim berkunjung ke tempat salah satu pengrajin tempurung kelapa. Selain tempurung kelapa, kerajinan yang dihasilkan juga terbuat dari cangkang biji bulian. Kelompok ini baru terbentuk kurang lebih 3 bulan yang lalu dan sampai saat ini sudah menghasilkan produk teko, mangkok, asbak dan gantungan kunci. Untuk teko dipasarkan dengan harga Rp. 75.000/set, mangkok Rp. 20.000/pcs, asbak Rp. 20.000/pcs dan gantungan kunci sesuai dengan permintaan dengan kisaran harga Rp. 2.000 – Rp. 5.000/pcs. Selain produk tersebut, juga sedang dikembangkan produk yang lain berupa ikat pinggang dan kaca mata.
Kegiatan study banding pengelolaan HHBK di UPTD KPHP Kerinci Unit I pada tanggal 3-5 Desember 2018. HHBK yang telah di kembangkan di UPTD KPHP Kerinci adalah kopi, madu hutan, madu budidaya dan kayu manis.
Potensi serai wangi yang ada di wilayah kerja UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun yang dikembangkan oleh masyarakat di Desa Bukit Peranginan Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun. Saat ini, terdapat 3 Ha kebun serai wangi dan target penanaman untuk tahun 2019 seluas 10 Ha. Salah satu kendala yang dihadapi masyarakat adalah alat suling, karena alatnya dibuat sendiri oleh masyarakat sendiri dan masih trial eror.
Budidaya lebah madu (Apis mellifera) yang di kembangkan oleh KTH Budidaya Lebah Mandiri di Desa Guruh Baru Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun.
Resolusi konflik tenurial antara masyarakat dengan IUPHHK-HTI yang berada pada wilayah kerja UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun, dengan hasil sebagai berikut: 1. Kesepakatan bersama tentang penghentian konflik antara Dusun Sialang Batuah, Desa Guruh Baru Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun dengan IUPHHK-HTI PT. Agronusa Alam Sejahtera. 2. Kesepakatan bersama tentang penghentian konflik dengan masyarakat 12 desa di Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun (LSM SP3LH) dengan IUPHHK-HTI PT. Agronusa Alam Sejahtera. 3. Mediasi penyelesaian konflik kawasan antara masyarakat Desa Ladang Panjang, Kelurahan Gunung Kembang dan Kelurahan Sarolangun Kembang Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun dengan IUPHHK-HTI PT. Samhutani. Pembahasan lebih lanjut mengenai Kemitraan Kehutanan.
27 Februari 2019, Acara peresmian Industri Pensil Slat PT. Balsa Mandala Persada yang berlokasi di Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun.
Rangkaian penanganan konflik tenurial kawasan hutan antara IUPHHK-HTI PT. Agronusa Alam Sejahtera dengan Masyarakat di 12 Desa Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun. Koordinasi sebelum pelaksanaan identifikasi dan verifikasi terhadap subjek dan objek (tahap I) yang dilaksanakan oleh Direktorar PKTHA, BPSKL Wil. Sumatera, BPHP Wilayah IV Jambi, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun, Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun dan Camat Mandiangin.
Rangkaian penanganan konflik tenurial kawasan hutan antara IUPHHK-HTI PT. Agronusa Alam Sejahtera dengan Masyarakat di 12 Desa Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun. Pelaksanaan identifikasi dan verifikasi terhadap subjek dan objek (tahap I) yang dilaksanakan oleh Direktorar PKTHA, BPSKL Wil. Sumatera, BPHP Wilayah IV Jambi, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun, Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun dan Camat Mandiangin mulai tanggal 26 Februari 2019 - 2 Maret 2019.
Pengemasan produk HHBK madu hutan dan madu budidaya (Aphis mellifera) yang ada di Wilayah Kerja UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun.
Sabun serai wangi ini merupakan salah satu inovasi untuk membuat produk turunan dari minyak serai wangi.
Lilin aromatherapi ini merupakan salah satu inovasi untuk membuat produk turunan dari minyak serai wangi.
Kegiatan sosialisasi pembinaan penatausahaan dan pemasaran hasil hutan melalui penatausahaan hasil hutan untuk meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).
Partisipasi aktif UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun dalam kegiatan Sarolangun Expo 2019 dalam rangka hari jadi Kabupaten Sarolangun yang ke-20 Tahun pada tanggal 14 - 19 Oktober 2019.
Apresiasi Pemerintah Kabupaten Sarolangun atas partisipasi UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun dalam kegiatan Sarolangun Expo 2019 dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sarolangun yang ke-20, sehingga UPTD KPHP Unit VIII Hilir Sarolangun mendapat Juara II Stand Terbaik Kategori Kantor.