K P H | Pembelajaran | FMU of Hessen Forst | KPH | 2.4.1. FMU of Hessen Forest

PEMANFAATAN

Publikasi Pemanfaatan

SURVEI PENGGUNA

SURVEI PENGGUNA
 

Hitstat

FMU of Hessen Forst
Up

2.4.1. FMU of Hessen Forest

Pembelajaran pengelolaan hutan lestari dapat diambil dari pengelolaan KPH Hessen Forst di Jerman. Pengelolaan hutan yang berbasis sustainable forest management telah diterapkan di KPH ini. Kondisi hutan di KPH ini tersebar merata dengan luas yang kecil – kecil, namun secara luas total wilayah meliptui 42% dari wilayah Hessen. Kawasan hutan di di Hessen relative rendah dari gangguan dan tekanan dari masyarakat.

Kepemilikan hutan di Jerman terbagi menjadi 3 (tiga) tipe yaitu hutan negara (state forest), hutan milik pribadi (private forest)  dan  hutan milik komunal (communal forest). Kawasan hutan dalam pengelolaan memiliki multi fungsi dimana semua fungsi hutan dipelihara secara terus menerus pada areal yang sama. Terdapat 24 fungsi hutan tetapi semua bisa diambil kayunya dengan batasan tertentu sesuai dengan kondisi di areal tersebut. Kawasan hutan dibagi dalam 3 fungsi dengan batasan tertentu pada masing masing fungsi, yaitu fungsi konservasi, lindung dan produksi.

Seluruh hutan telah dikelola secara intensif dan 77 % diantaranya dikelola oleh State Forest Enterprise Hessen Forst (SFE HF), sedangkan sebagian lainnya dikelola oleh masing-masing pemilik hutan dengan aturan pengelolaan yang telah ditentukan oleh pemerintah negara bagian. KPH merupakan bagian dari SFE HF dengan luas rata-rata 20.000 hektar dan dibagi dalam resort-resort dengan luas rata-rata 2.000 hektar. Pembatasan luas (2.000 ha untuk resort dan 10 resort untuk 1 KPH) dimaksudkan untuk efisiensi pengelolaan.

Monitoring pelaksanaan pekerjaan di lapangan dilakukan hanya melalui laporan yang diberikan oleh petugas secara berjenjang melalui IT sejak dari lapangan, hal itu sudah dianggap cukup dan akurat karena dapat dikatakan tidak pernah terjadi manipulasi. Pelaksanaan montiroring yang baik ini merupakan salah satu upaya dalam penerapan pengelolaan hutan yang lestari.

 

FMP_FENA (904.67 kB)
 hot
 hot
Liaison_Albrecht (368.28 kB)
 hot
Display Num 
<< Mulai < Kembali 1 2 Berikut > Akhir >>
Halaman 1 dari 2


Publikasi KPH