PEMANFAATAN

Publikasi Pemanfaatan

SURVEI PENGGUNA

SURVEI PENGGUNA
 

Hitstat

Pertanyaan Sering Ditanyakan

KATA PENGANTAR

Kesatuan Pengelolaan Hutan ( KPH ) yang merupakan suatu unit pengelolaan hutan yang memiliki wilayah kelola, institusi pengelola, dan perencanaan pengelolaan hutan di tingkat tapak, yang dibentuk dengan tujuan agar dapat dicapai pengelolaan hutan yang efisien dan lestari.

Publikasi KPH Seri Nomor 04 ini berisikan kumpulan Tanya‐jawab tentang KPH yang disusun berdasarkan UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, PP Nomor 44 Tahun 2004 tentang Perencanaan Kehutanan, dan PP Nomor 6 Tahun 2007 jo. PP Nomor 3 Tahun 2008 tentang Tata Hutan dan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan serta Pemanfaatan Hutan, dan peraturan perundangan terkait lainnya serta hasil diskusi yang berlangsung seiring waktu pelaksanaan pembangunan KPH pada tingkat penyusunan kebijakan maupun implementasinya.

Tanya Jawab tentang KPH sebagaimana penerbitan Seri sebelumnya, dimaksudkan untuk dapat membantu parapihak di dalam memahami konsepsi pembangunan KPH di Indonesia, sehingga diharapkan dapat segera dicapai kesepahaman yang diperlukan bagi kelancaran pembangunan nya.

Pertanyaan –pertanyaan dan jawaban dalam buku ini telah disarikan dengan hati‐hati dari Buku KPH yang merupakan edisi lengkap yang memuat seluruh dasar pemikiran dan konsepsi mengenai KPH, maupun peraturan dan perundang‐undangan yang berlaku dan sudah merupakan bagian penting kebijakan perbaikan tata kelola kawasan hutan di Indonesia.
Demikian, kami ucapkan selamat bekerja menuju perbaikan tata kelola kawasan hutan Indonesia.

 

Hormat kami,

 


Ir. Is Mugiono, MM
Direktur WP3H

title Filter     Tampilkan # 
# Judul Artikel
1 Apakah pembangunan KPH akan mampu berperan secara signifikan dalam upaya mitigasi perubahan iklim di Indonesia?
2 Benarkah pengelolaan hutan yang baik dan investasi di bidang kehutanan akan sejalan dengan upaya mitigasi perubahan iklim?
3 Mengapa KPH menjadi demikian penting dalam konteks pengelolaan sumberdaya hutan untuk memperoleh manfaatnya sebagai stock?
4 Apa penyebab terjadinya deforestasi dan degradasi hutan di Indonesia dan apa kaitannya dengan kepentingan pembangunan KPH?
5 Apa saja fungsi sumberdaya hutan sebagai stock dalam hubungannya dengan isu perubahan iklim? Adakah nilainya secara ekonomi bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari?
6 Bagaimana pengawasan harus dilakukan atas operasional KPH dengan pilihan PPK-BLUD ?
7 Bagaimana fleksibilitas status kelembagaan dan ketentuan remunerasi pejabat dan pengelola KPH dengan PPK-BLUD ?
8 Siapa saja pejabat yang boleh mengelola KPH dalam PPK-BLUD ? dan bagaimana terkait tugas pokok dan fungsinya ?
9 Apa yang dimaksud persyaratan substantif, persyaratan teknis, dan persyaratan administratif ?
10 Berkaitan dengan kompetensi Sumber Daya Manusia pengelola KPH saat ini, apakah memadai untuk mengelola KPH sebagai unit bisnis dengan segenap kompleksitasnya ?
11 Berdasarkan konsepsinya, pembangunan KPH diarahkan untuk mampu mengelola kawasan hutan dengan pendekatan bisnis sehingga menjadi seperti entitas bisnis (business like entity). Adakah peraturan dan perundangan yang berlaku sudah mendukung untuk penerapann
12 Apakah bentuk organisasi KPH yang akan ditetapkan? Siapa yang menetapkan dan apa payung hukumnya? Untuk tingkat propinsi? Untuk tingkat Kab/Kota?
13 Apakah perlu dibuat Roadmap pembangunan KPH?
14 Sarana dan prasarana apa saja yang akan difasilitasi oleh pusat kepada KPH Model?
15 Insentif apa yang diberikan kepada daerah jika mereka berkomitmen membangun KPH?
16 Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi oleh suatu KPH Model untuk mendapatkan fasilitasi sarana dan prasarana ?
17 Apakah setiap KKPH harus mendapat pendidikan dan pelatihan KKPH? Dalam kasus KKPH sudah mengikuti diklat KKPH kemudian yang bersangkutan dipindah ke unit organisasi lain dan digantikan oleh personil lainnya, maka apakah KKPH baru tersebut harus mengikuti
18 Jika akan membangun kantor KPH apakah di dalam kawasan atau di luar kawasan? Berapa luas bangunan untuk kantor KPH dengan type A? Type B?
19 Apakah dengan membangun KPH akan menjadi beban bagi APBD?
20 Dapatkah suatu KPH mengundang investor dalam melakukan pengelolaan wilayahnya?
 
<< Mulai < Kembali 1 2 3 4 Berikut > Akhir >>
Halaman 1 dari 4


Publikasi KPH