PEMANFAATAN

Publikasi Pemanfaatan

SURVEI PENGGUNA

SURVEI PENGGUNA
 

Hitstat

WORKSHOP DIALOG ANTAR KEMENTERIAN

Membangun Visi Antar Sektor untuk Memperkuat Kelembagaan dan Operasionalisasi KPH Menuju Pengelolaan Hutan yang Berkelanjutan

 

Pada hari Selasa-Rabu, 21-22 November 2017 bertempat di Hotel Santika Premiere Slipi, Jalan AIPDA KS Tubun No. 7 Jakarta Barat, diadakan Dialog Antar Kementerian dalam bentuk workshop, dengan tema “Membangun Visi Antar Sektor untuk Memperkuat Kelembagaan dan Operasionalisasi KPH Menuju Pengelolaan Hutan yang Berkelanjutan”.

Acara ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Bappenas; Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Hukum dan HAM; Kementerian Keuangan; Kementerian Agraria dan Tata Ruang; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi; serta Lembaga Donor.

Acara pada hari pertama (Selasa, 21 November 2017) diawali dengan pembacaan laporan Ketua Panitia oleh Bapak Yana Juhana, dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Bapak Kustanta Budi Prihatno mewakili Dirjen PKTL. Pada acara Dialog Sesi I paparan disampaikan oleh Bapak Kustanta Budi Prihatno selaku Direktur RPP Kementerian LHKdilanjutkan oleh Ibu Wahyuningsih Darajati selaku Direktur SDA dan Kehutanan Bappenas yang dimoderatori oleh Bapak Agung Nugraha.

Pada hari pertama Bapak Kustanta Budi Prihatno menyampaikan paparan tentang “Pokok-Pokok Pembangunan dan Operasionalisasi KPH dalam Peraturan Perundangan dan Perubahannya serta Tantangan Penguatan KPH ke Depan” dan Ibu Wahyuningsih Darajati menyampaikan paparan tentang “Sinergitas Program dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam antar Sektor dalam Operasionalisasi KPH”. Setelah penyampaian paparan, acara Dialog Sesi I dilanjutkan dengan Diskusi dan diakhiri dengan ISHOMA. Pada Dialog Sesi II bertindak sebagai pembicara adalah Bapak Slamet dari Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Ditjen OTDA, Kemendagri yang dilanjutkan oleh Bapak Nahardi selaku Kapala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah. Dialog sesi II dimoderatori oleh Bapak Herman Hermawan. Bapak Slamet menyampaikan paparan tentang “Penguatan Kelembagaan KPH sebagai Pengelola Kawasan Hutan di Tingkat Tapak yang Mandiri” sedangkan Bapak Nahardi menyampaikan Paparan tentang “Pembangunan KPH dalam RPJMD”. Setelah penyampaian paparan, acara Dialog Sesi II juga  dilanjutkan dengan Diskusi.

Pada hari kedua (Rabu, 22 November 2017) acara langsung dibuka dengan Dialog yang dimoderatori oleh Bapak Ali Djajono. Bertindak sebagai pembicara adalah Bapak Madani Mukarom selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tanggara Barat dengan tema “Pola Pengelolaan Keuangan BLUD di KPH dan Pengelolaan KPH sebagai Institusi BLUD”. Sesi selanjutnya adalah diskusi dan penyampaian paparan oleh Ibu Anastasya Suti Rahayu dari Direktorat BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah; Ditjen Bina Keuangan Daerah; Kemendagri tentang “Prinsip-Prinsip Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah” yang dilanjutkan dengan Diskusi dengan peserta dialog dan ishoma.

Sesi terakhir adalah penyampaian Kesimpulan oleh Bapak Agung Gunardo, Bapak Dodi Ridho Nurrohmat, dan Bapak Silver Hutabarat yang dimoderatori oleh Bapak Yana Juhana.

Untuk mengunduh materi paparan dapat mengunduh pada link berikut:

Pembangunan dan pengelolaan KPH

Pembangunan KPH dalam RPJMD_Kepala Dinas Sulteng

Penguatan Kelembagaan KPH_Kemendagri

BLUD di KPH - Kelola KPH sbg BLUD-FIP II

Sinergitas Program Pengelolaan SDA Multi Sektor KPH_Dir KKSDA Bappenas

PAPARAN BLUD KEHUTANAN - Kemendagri

 


Publikasi KPH