PEMANFAATAN

Publikasi Pemanfaatan

SURVEI PENGGUNA

SURVEI PENGGUNA
 

Hitstat

Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Usaha Pemanfaatan HHBK KPH KUSAN (KPH Unit IV Tanah Bumbu Kalimantan Selatan)

Pengelolaan kulit tanaman kayu manis telah dilaksanakan oleh masyarakat secara turun temurun di Desa Emil Baru, Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanah Bumbu. Masyarakat setempat bahkan telah memiliki persemaian kayu kamis yang dikelola secara mandiri. Produksi kulit sangat melimpah yang mencapai 1-2 ton kulit kayu basah setiap pekan. Pengelolaan yang dilakukan masih bersifat sederhana termasuk pada proses pengeringan (untuk menurunkan kadar air). Petani biasanya menjual kulit kayu manis kepada pengumpul di pasar terdekat masih dalam keadaan basah. Mengingat hal tersebut dan tingginya produktivitas kulit kayu manis, masyarakat setempat memerlukan pembinaan untuk memproduksi dalam bentuk olahan, dengan demikian pendapatan masyarakat dapat ditingkatkan. KPH Kusan berkomitmen untuk dapat mengembangkan potensi yang ada dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian.
KPH Kusan di Provinsi Kalimantan Selatan memiliki potensi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang melimpah. Beberapa diantaranya telah mendapat perhatian serius dari KPH sebagai pengelola kawasan hutan di tingkat tapak seperti kulit kayu manis, kemiri, dan madu lebah kelulut (lebah trigona).

 

HHBK lainnya yang menjadi perhatian KPH Kusan adalah kemiri. Biji kemiri menjadi HHBK potensial di areal KPH Kusan karena tanaman kemiri tumbuh dengan subur pada hampir seluruh areal KPH Kusan. Pengelolaan biji kemiri masih bersifat tradisional tanpa produk olahan yang mungkin dapat meningkatkan nilai jual. Potensi HHBK lainnya yang sedang dikembangkan adalah madu lebah kelulut (trigona). Pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat dalam usaha pemanfaatan HHBK lebah madu kelulut kepada kelompok tani telah dilaksanakan di salah satu desa binaan pada tanggal 22 s.d 24 Agustus 2017. Pelatihan tersebut menghadirkan praktisi atau pelaku usaha sebagai narasumber.

 


PETA KPH INDONESIA

Publikasi KPH