PEMANFAATAN

Publikasi Pemanfaatan

SURVEI PENGGUNA

SURVEI PENGGUNA
 

Hitstat

Sosialisasi Perdirjen (Sonokeling)

Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan telah menerbitkan Peraturan yang mengatur mekanisme pengelolaan dan alur data dalam Sistem Informasi Spasial dan Dokumentasi KPH (Sinpasdok KPH). Unit Pengendali Sinpasdok KPH dalam hal ini Direktorat Rencana, Penggunaan dan Pembentukan Wilayah Pengelolaan Hutan hari ini tanggal 22 Mei 2017 di Ruang Sonokeling I Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, melaksanakan Sosialisasi Perdirjen dan Pelatihan Sinpasdok KPH+ sebagai tindak lanjut dari diterbitkannya Peraturan Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Nomor P.4/PKTL/REN/PLA.0/4/2017 tanggal 27 April 2017.

Acara dibuka oleh Bapak Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan. Sosialisasi dan Pelatihan diikuti oleh beberapa pihak antara lain: USAID, USFS, APHI, GIZ Forclime, LAPAN, BPKH Wilayah II Palembang, BPKH Wilayah III Pontianak, BPKH Wilayah IV Samarinda, BPKH Wilayah V Banjarbaru, BPKH Wilayah XVIII Banda Aceh, BPKH Wilayah XXI Palangkaraya, KPH Halmahera Tengah (Maluku Utara), KPH Rinjani Barat (Nusa Tenggara Barat), KPH Yogyakarta, KPH Tarakan (Kalimantan Utara), dan KPH Limau (Jambi). Turut hadir dari lingkup Unit Kerja KLHK di Jakarta antara lain: Direktorat Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (Ditjen PDASHL), Direktorat Pengukuhan dan Penatagunaan Kawasan Hutan (Ditjen PKTL), Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan (Ditjen PKTL), Direktorat Pencegahan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan (Ditjen PKTL), Setditjen PKTL, Badan Litbang dan Inovasi, Pusat Kebijakan Strategis, Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi (Ditjen PPI), Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Ditjen PPI), Direktorat Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (Ditjen PHPL), dan Pusat Perencanaan dan Pengembangan SDM (BP2SDM).

Keberadaan Perdirjen tersebut sebagai payung hukum penyelenggaraan Sinpasdok KPH diharapkan dapat diketahui oleh semua pihak, baik itu pihak esternal yang berkepentingan dengan data dan informasi KPH maupun pihak-pihak yang terkait langsung dengan data dan informasi KPH.

Pelatihan pengisian Sinpasdok KPH diharapkan dapat membantu KPH sebagai ujung tombak walidata sistem informasi ini dan unit kerja lainnya dalam pengisian Sinpasdok KPH+, sehingga nantinya Sinpasdok KPH+ dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat luas dan bagi KPH itu sendiri.

Notulen Sosialisasi Perdirjen 22 Mei 2017

 


PETA KPH INDONESIA

Publikasi KPH